Susu Basi

Menggapai Hidayah dari Kisah Imam Al Ghazali

Suatu hari raja Anusyirwan menderita sakit. Orang-orang kepercayaan dan tentaranyatelah menjelajahi seluruh pelosok kerajaan. Anusyirwan menyatakan kepada para pembantunya bahwa penyakit dirinya hanya akan sembuholeh susu basi yang ada di suatu daerah yang hancur. Maka, seluruh bawahannya menyisir seluruh daerah di wilayah kerajaan untuk menemukan susu basi tersebut.

Dalam beberapa hari seluruh daerah yang ada di wilayah kerajaan Anusyirwan disisir oleh para pembantunya. Namun, ternyata susu basi tersebut tidak di ketemukan begitu juga daerahnya yang hancur tersebut.

Akhirnya, para bawahannya pulang ke istana untuk menyampaikan hasil penyisiran. Mereka memberitahukan kepada baginda raja bahwa susu dan daerah yang hancur tersebut tidak diketemukan. Mendengar laporan para bawahannya seperti itu, Anusyirwan berkata, “Sesungguhnya saya hanya ingin tahu tentang keadaan kerajaanku. Saya ingin tahu apakah ada kampung yang hancur, Kalau ada, saya akan segera membangunnya. Sedangkan jika ada susu yang basi, akibat tidak terjual, saya akan segera memperbaiki keadaan pasar agar proses jual beli di sana lancar. Sehingga, tidak ada lagi makanan atau barang-barang yang tidak terjual. Kalau kalian tidak menemukan susu basi dan kampung hancur itu, berarti kerajaanku makmur dan masyarakatnya tidak kelaparan. Sebenarnya, yang menjadikanku sakit adalah karena diriku merasa waswas andaikan maih ada daerahku yang tidak makmur.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s