Taliban Gempur Basis Nato

Taliban Gempur Basis Nato di Propinsi Khost

KHOST – Lebih dari 30 pejuang Taliban, termasuk pembom istyshad menyerang sebuah pangkalan militer Amerika di Afghanistan timur pada hari Sabtu, kata para pejabat, belum tersedia laporan korban jiwa.

Serangan itu dimulai tengah malam di Basis Forward Operating Chapman yang berada di propinsi Khost yang berbatasan dengan perbatasan tenggara Pakistan. Di wilayah ini Amerika dan pasukan asing lainnya telah meningkatkan operasi melawan kebangkitan Taliban.

Tujuh agen CIA berhasil dibunuh seorang pembom Taliban dalam sebuah serangan di pangkalan militer Amerika Desember lalu. Serangan itu adalah serangan paling mematikan kedua dalam sejarah CIA.

Letnan Komandan Katie Kendrick, jubir keamanan internasional ISAF mengkonfirmasi serangan terbaru ini namun belum bisa memberikan keterangan lanjut.

“Ada kegiatan yang sedang berlangsung di sana dan saya tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut,” ujar Kendrick.

Zabihullah Mujahid, jurubicara Taliban, mengatakan 30 pejuang telah menyerang pangkalan. Mereka termasuk pembom siap mati dan pasukan bersenjata dengan roket dan senapan mesin, kata Mujahid kepada Reuters melalui telepon dari sebuah lokasi yang dirahasiakan.

Meskipun terdapat hampir 150.000 pasukan asing, kekerasan yang terjadi di Afghanistan semakin buruk sejak Taliban digulingkan oleh pasukan yang didukung-AS pada akhir 2001.

Pimpinan Taliban telah meluncurkan serangan semakin mematikan di Afganistan dalam upaya untuk menggulingkan pemerintah dan memaksa keluar pasukan asing. Lebih dari 2.000 tentara asing tewas, sebagian besar dari mereka orang Amerika, sejak konflik itu dimulai.

KONTRAKTOR TEWAS

Pada hari Sabtu, ISAF mengatakan pasukannya telah salah membunuh dua kontraktor keamanan swasta setelah salah satu patroli mereka mendapat serangan dari kelompok perlawanan di provinsi Wardak barat ibukota.

Sebuah mobil patroli mendekat dengan cepat di jalan raya di distrik Shahr Maidan dari Wardak pada hari Jumat dan terlihat seorang laki-laki menembak keluar dari jendela kendaraan, ISAF mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Patroli kemudian menembak kendaraan itu, menewaskan dua orang di dalamnya yang kemudian diidentifikasi sebagai kontraktor keamanan swasta. [muslimdaily.net/reuters]

%d bloggers like this: