Delapan Tentara Koalisi Tewas di Kandahar

Delapan Tentara Koalisi Tewas di Kandahar

Bom pinggir jalan menewaskan delapan anggota pasukan koalisi internasional di Afghanistan, termasuk tujuh tentara AS, meningkatkan korban tewas tentara penjajah koalisi dalam tiga hari sebelumnya hingga mencapai puluhan, NATO mengatakan pada hari Selasa.

Meningkatnya kematian di tiga hari sampai hari Senin datang saat Presiden Hamid Karzai meragukan strategi AS dalam perang, mengatakan keberhasilan tidak dapat dicapai sampai pasukan kemanan Afghanistan lebih berperan di garis depan dan basis utama pejuang di Pakistan ditutup.

NATO tidak memberi rincian ledakan hari Senin kecuali bahwa peristiwa terjadi di selatan, wilayah utama konflik, dan bahwa lima orang tewas dalam ledakan tunggal. Kewarganegaraan dari korban kedelapan tidak dijelaskan, demikian pengumuman NATO Selasa pagi.

Saksi mata mengatakan, lima tewas seketika saat sebuah bom menghantam sebuah Humvee di jalan utama di pinggiran Kandahar, kota yang menjadi fokus pengamanan tentara koalisi. Para penyerang tampaknya menargetkan Humvee karena merupakan kendaraan lapis baja yang tidak terlalu berat dibanding lainnya dalam konvoi itu.

Pada peristiwa yang lain di hari Senin, sepasang roket ditembakkan di kantor misi PBB di Kandahar Afghanistan. Satu tewas dan seorang penjaga terluka.

[muslimdaily.net/GN]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: