Iran mengatakan untuk berdiri dengan Lebanon terhadap permusuhan Israel

Iran mengatakan untuk berdiri dengan Lebanon terhadap permusuhan Israel

Presiden Mahmoud Ahmadinejad menggunakan kunjungannya ke Lebanon pada hari Rabu untuk meyakinkan pemerintah bahwa Iran akan berdiri di Beirut dalam menghadapi apa yang disebut permusuhan dari Israel tetangga.

Ahmadinejad, membuat kunjungan kenegaraan resmi pertama oleh seorang presiden Iran ke Lebanon, diberi kacau disambut oleh ribuan Muslim Syiah yang berbaris di jalan dari bandara, melempar beras dan kelopak pada iring-iringan mobil nya.

“Bangsa Iran akan selalu berdiri di samping bangsa Lebanon dan tidak akan pernah meninggalkan mereka … Kami pasti akan membantu bangsa Lebanon melawan permusuhan, terutama dipentaskan oleh rezim Zionis (Israel),” katanya.

Israel dan Teheran Syiah sekutu Hizbullah berjuang perang 34-hari pada tahun 2006, suatu konflik yang menewaskan 1.200 orang di Lebanon, kebanyakan warga sipil, dan 158 warga Israel, kebanyakan tentara.

Ahmadinejad, yang akan mengunjungi wilayah perbatasan Lebanon dengan Israel pada hari Kamis, mengatakan dalam reli yang diselenggarakan oleh Hizbullah bahwa Israel akan membayar harga untuk setiap tindakan agresif.

“(Israel) merasa telah mencapai jalan buntu, dan mungkin tahap tindakan berbahaya baru untuk menyelamatkan keberadaannya dan menciptakan peluang untuk dirinya sendiri,” katanya kepada kerumunan ribuan, melambai-lambaikan bendera Iran dan Lebanon.

“Saya mengumumkan di sini dan sekarang bahwa setiap tindakan berbahaya baru hanya akan memperpendek umur tercela ini dibuat rezim ini.”

Amerika Serikat mengatakan kunjungan Ahmadinejad ke Lebanon menunjukkan dia melanjutkan nya “cara-cara provokatif.” Washington ingin mengisolasi Iran atas program nuklirnya dan mengatakan dukungan Iran untuk para militan Hizbullah merongrong kedaulatan Libanon.

perjalanan Ahmadinejad juga khawatir politisi pro-Barat di pemerintah persatuan tersinggung Libanon, yang telah mengatakan bahwa ia memperlakukan Libanon seperti “basis Iran di Mediterania.”

Tapi dalam pesan tampaknya bertujuan mengatasi mereka protes dan meringankan bulan ketegangan politik, Ahmadinejad menekankan dukungan Iran untuk semua Libanon.

“Kami mendukung Lebanon yang kuat dan bersatu Kami selalu. Akan kembali pemerintah Libanon dan bangsa,” kata dia setelah pembicaraan dengan Presiden Michel Suleiman, seorang Kristen Maronit.

Lebanon Menteri Energi dan Air Gebran Bassil mengatakan Iran telah menyetujui pinjaman sebesar $ 450 juta untuk Libanon untuk mendukung proyek pembangkit listrik dan air. Dia mengatakan Ahmadinejad menekankan selama pembicaraan bahwa “semua manfaat dari kunjungan ini akan untuk semua Lebanon,” daripada untuk sebuah faksi tunggal.

PEMERINTAH SPLIT

Pemerintah Libanon, yang meliputi menteri Hizbullah, adalah sangat dibagi atas penyelidikan internasional ke dalam pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri yang diharapkan untuk mendakwa anggota Hizbullah.

Perdana Menteri Saad al-Hariri, putra negarawan dibunuh, adalah menolak tekanan meningkat dari Hizbullah dan sekutunya untuk meninggalkan probe yang didukung PBB sebelum masalah dakwaan.

S : http://www.reuters.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: